Pages

Kamis, 15 September 2011

Menjumlahkan Angka Yang Berformat Teks

type='html'>Jika anda menemukan data dengan angka yang berformat teks, tentunya ada tidak dapat menjumlahkan atau mengolah angka-angka tersebut untuk dijumlahkan, di-sumif, ataupun dengan rumus lainnya karena formatnya yang masih berupa teks. Berikut gambaran perbedaan format number dan format teks:


Jika Anda perhatikan di Formula Bar pada B1, formatnya adalah format number. Dengan format number ini anda dapat mengolah angka tersebut. Sedang pada A1, formatnya adalah format teks karena terdapat karakter koma dan titik. Angka dengan format seperti ini tidak dapat anda olah. Untuk dapat mengolah angka tersebut, anda harus menghilangkan karakter koma dan titik tersebut. Namun hati-hati, jika anda salah langkah dalam menghapus koma dan titik tersebut, maka hasilnya akan berbeda dengan angka awalnya. Berikut langkah-langkahnya:
  • 1. Cek regional setting anda di control panel. Jika regional setting anda Indonesia, maka karakter pemisah ribuan adalah "." (titik) dan karakter pemisah desimal adalah "," (koma). Sedang jika regional setting anda adalah English (United States), maka karakter pemisah ribuan adalah "," (koma) dan karakter pemisah desimal adalah "." (titik).
  • 2. Blok A1:A17 lalu pilih Edit > Replace (Ctrl + H). Karena komputer saya regional settingnya adalah Indonesia, maka ketik pada kolom Find what: dengan "," (koma) dan kosongkan pada kolom Replace with: lalu klik Replace All. Anda dapat melihat bahwa karakter "," (koma) sudah hilang. Jangan tekan tombol Close dulu.

  • 3. Masih di kotak dialog Find and Replace, sekarang ganti pada kolom Find what: dengan "." (titik) dan pada kolom Replace with: dengan "," (koma), lalu tekan tombol Replace All.


Dengan begitu, anda sudah bisa mengolah angka tersebut untuk dijumlahkan atau yang lainnya.

Catatan: Jika regional setting anda adalah English (United States), maka ada cukup mengganti karakter koma dengan titik, dan titik dengan koma sesuai dengan urutan langkah-langkah di atas.

0 komentar:

Poskan Komentar